-->

Perlengkapan Las GTAW (Bagian 3)


Materi ini merupakan ringkasan dari Perlengkapan Las GTAW (Bagian 1) dan Perlengkapan Las GTAW (Bagian 2).

Secara skematik mesin las GTAW atau las TIG / WIG atau juga Las Argon mempunyai empat bagian utama yaitu: sumber tenaga (power source), sistem pendinginan untuk yang berpendingin air (water cooled), gas pelindung (shielding gas), dan torch. 

Torch pada las GTAW harus bersifat isolasi listrik dan nyaman digenggam tangan. Torch berfungsi untuk memegang elektroda tidak terumpan dengan kolet dan menyalurkan gas pelindung melalui nozel keramik berbagai ukuran. Terdapat dua tipe torch yaitu berpendingin air dan berpendingin udara. Bagian utama torch yaitu kepala torch, handle torch dan konektor. Sementara bagian dari kepala torch yaitu: nosel, dudukan kolet, kolet, tungsten dan penutup kepala. 

Peralatan lainnya adalah regulator las yang berfungsi sebagai penanda isi tabung dan pengatur tekanan kerja gas. Regulator gas Argon ada dua jenis, yaitu yang menggunakan manometer jarum dan flowmeter gelas ukur.

Elektroda tungsten GTAW merupakan penghubung terakhir antara sumber tenaga listrik dan benda kerja melalui proses busur listrik. Penggunaan elektroda untuk pengelasan GTAW berbeda dengan pengelasan SMAW maupun MIG. Elektroda ini diklasifikasikan tidak terumpan. Terdapat beberapa jenis elektroda yang biasa digunakan yaitu tungsten murni, dan tungsten paduan dengan: thorium, zirconium, cerium, dan lanthanium. Tungsten paduan dibedakan secara fisik dengan kode warna di salah satu ujungnya. Tungsten yang biasa digunakan di lapangan ialah tungsten murni dengan kode warna hijau untuk pengelasan arus AC dan tungsten paduan thorium dengan kode warna hijau untuk pengelasan arus DC.

Bahan pengisi atau filler rod merupakan logam pengisi kampuh las pada poses las GTAW. Logam pengisi mempunyai panjang 1 meter, merupakan kawat lurus tidak berselaput, dilapisi dengan lapisan tipis tembaga untuk melindungi dari karat. Terdapat beberapa jenis bahan pengisi berdasarkan AWS diantaranya: ER70S-2, ER70S-6, dan seri ER70S untuk pengelasan baja karbon; ER308 dan ER308L untuk pengelasan stainless steel; dan ER4043 untuk pengelasan alumunium

Gas pelindung berfungsi untuk melindungi cairan las terhadap oksidasi udara luar. Apabila cairan las teroksidasi maka akan mengakibatkan bahan pengisi dengan bahan las tidak fusi dengan sempurna. Jenis gas pelindung terdiri dari: gas argon (Ar), gas helium (He), gas campuran helium dengan argon (75% He, 25% Ar) dan gas campuran argon/helium dan hidrogen yang biasa disebut argon shield. Gas argon dan helium ini bersifat “inert” atau tidak menimbulkan reaksi kimia terhadap logam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perlengkapan Las GTAW (Bagian 3)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel