Rpp Las GMAW (MIG/MAG) Kurikulum 2013 Revisi (Pertemuan ke 1-6)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Gandapura
Program Keahlian : Teknik Mesin
Paket Keahlian : Teknik Pengelasan
Mata Pelajaran : Teknik Pengelasan Gas Metal (MIG/MAG)
Kelas /Semester : XI T.LAS / Ganjil
Pertemuan : 1 - 6
Alokasi Waktu : 48 JP (@8 x 45)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1. Menyadari
sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk
dipergunakan sebagai aturan dalam teknik pengelasan GMAW.
1.2. Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam teknik pengelasan GMAW.
2.2. Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
tanggung jawab dalam mekukan teknik pengelasan.
2.3. Menghargai
kerja sama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dan cara melakukann teknik pengelasan GMAW.
2.4. Menunujukkan
sikap responsif, proaktif, konsisten dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan soal sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan
teknik pengelasan.
3.1
Menerapkan teknik pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut
posisi bawah tangan dengan las gas metal (MIG/MAG
3.1.1
Menentukan Peralatan K3 pengelasan pelat dengan pelat pada
sambungan sudut posisi bawah tangan
dengan las gas metal (MIG/MAG)
3.1.2
Menentukan Peralatan pengelasan pelat dengan pelat pada
sambungan sudut posisi bawah tangan dengan las MIG/MAG
3.1.3
Mengurutkan prosedur pemasangan dan pengesetan peralatan las
MIG/MAG
3.1.4
Menentukan elektroda yang tepat sesuai dengan material
pengelasan
3.1.5
Mengidentifikasi berbagai
posisi pengelasan pada proses las MIG/MAG
4.1 Melakukan
pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi di bawah tangan
dengan las gas metal (MIG/MAG).
4.1.1
Melakukan persiapan bahan pengelasan
pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawah tangan dengan las gas
metal
4.1.2
Melakukan pengelasan pelat dengan pelat
pada sam bungan sudut posisi dibawah tangan menggunakan las gas metal
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran peserta didik diharapkan mampu :
1.
Menerapkan K3 las
MIG/MAG
2.
Menentukan peralatan
pengelasan MIG/MAG
3.
Melakukan pemasangan
dan pengesetan peralatan las MIG/MAG.
4.
Menentukan
elektroda yang tepat sesuai material pengelasan.
5.
Mengidentifikasi berbagai
posisi pengelasan MIG/MAG
6.
Menentukan
parameter pengelasan dengan tepat.
7.
Menentukan Prosedur pengelasan
pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawahh tangan
8.
Melakukan persiapan
bahan pengelasan pelat dengan pelat pada sambungan sudut posisi dibawah tangan
9.
Melakukan
pengelasan pelat pada
sambungan sudut posisi dibawah tangan (1F).
D. Materi Pembelajaran
- Definisi Proses Gas Metal Arc Welding (GMAW)
Gas Metal Arc Welding (GMAW), secara pengertian adalah sebuah proses pengelasan yang menghasilkan peleburan dengan pemanasan menggunakan busur listrik antara bahan tambah yang secara konstan keluar dengan benda kerja. Proses tersebut menggunakan pelindung dari luar yang berasal dari gas untuk melindungi cairan las. Aplikasi dari GMAW ini biasanya membutuhkan polaritas DC+ (reverse) yang berarti arus positif di kawat las.
Gangguan kesehatan
atau kecelakaan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, yakni operator atau
teknisi las itu sendiri, mesin dan alat-alat las, maupun lingkungan kerja.
Secara umum ada beberapa resiko kalau bekerja dengan proses GMAW, yaitu :
- Kejutan listrik (electronic shock)
- Sinar las
- Debu dan asap las
- Luka bakar dan kebakaran
- Peralatan K3
1.
Baju kerja
2.
Sarung Tangan las
3.
Apron
4.
Kedok Las
5.
Helm Las
6.
Sepatu Las
7.
Masker
- Peralatan Las MIG/MAG
1.
Power source /
mesin las
2.
Wire feeder motor
3.
Welding Gun
4.
Elektroda
5.
Gas cylinder
6.
Regulator gas
7. Clamp massa
- Prosedur pemasangan dan pengesetan peralatan las MIG/MAG.
- Elektroda Las MIG/MAG
- Posisi pengelasan
- Parameter pengelasan
- Prosedur pengelasan pelat dengan pelat sambungan sudut posisi 1F.
E.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery learning, Projec based learning
Metode : ceramah,diskusi,
tanya jawab, unjuk kerja.
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Alat / Media :
- LCD
Proyektor
- Laptop
- Perangkat las MIG/MAG
- Peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
- Besi pelat
2. Sumber
belajar :
- Buku/Modul GMAW/MIG/MAG.
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Sintak
Discovery Learning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta Didik Menjawab Salam
-
Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Mengkondisikan Suasana Belajar Yang Menyenangkan
-
Apersepsi
“ Di
kelas X kita belajar menggunakan perkakas tangan,kita harus mengikuti
prosedur agar tidak terjadi kecelakaan kerja, Nah, hari ini kita akan belajar
tentang K3 pada pengelasan GMAW.
Motivasi
: “ Mengapa kita diharuskan memakai helm saat mengendarai sepeda motor? (
Jawaban yang diharapkan : untuk keselamatan)
-
Peserta Didik Menyimak Tujuan Pembelajaran Yang
Disampaikan Guru
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
Stimulation
|
Mengamati :
-
Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang
telah dibagi
-
Setiap kelompok memperoleh LKPD yang harus
diselesaikan
-
Peserta didik mengamati dan memperhatikan beberapa
Peralatan K3 ..
|
325
|
? PROBLEM STATMENT
|
? Menanya
Peserta didik
diberi kesempatan bertanya tentang peralatan K3 (diberikan
pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
|
||
? DATA COLLECTING
|
? Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi bersama
kelompoknya tentang K3 pada pengelasan GMAW
|
||
? DATA PROCESING
|
? Mengasosiasi
-
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan
LKPD yang telah diberikan
-
Menuliskan hasil diskusi pada lembar peserta didik
-
Peserta didik mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik
dalam menyelesaikan LKPD
|
||
? Verifikasi
|
? Peserta dalam kelompoknya membuktikan apakah
bahwa keselamatan kerja yang mereka temkan selain pada contoh yang dipaparkan
guru merupakan K3 untuk pengelasan GMAW
|
||
? GENERALISASI
|
? Mengkomunikasikan
Masing-masing kelompok membacakan hasil kerja
kelompok
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan ke-2
Kegiatan
|
Sintak
Discovery Learning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta Didik Menjawab Salam
-
Berdoa Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Apersepsi :
Pertemuan sebelumnya kita udah belajar mengenai
peralatan K3 hari ini kita akan belajar tentang peralatan Pengelasan GMAW?
-
Motivasi :
Memberi contoh tentang manfaat mempelajari peralatan
GMAW
-
Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang
disampaikan guru.
-
Peserta Didik Menyimak Tujuan Pembelajaran Yang
Disampaikan Guru
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
Stimulation
|
Mengamati :
-
Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang
telah dibagi
-
Setiap kelompok memperoleh LKPD yang harus
diselesaikan
-
Peserta didik mengamati dan memperhatikan beberapa
peralatan pengelasan GMAW.
|
325
|
? PROBLEM STATMENT
|
? Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang peralatan
pengelasan GMAW (diberikan
pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
|
||
? DATA COLLECTING
|
? Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi bersama
kelompoknya tentang peralatan pengelasan GMAW
|
||
? DATA PROCESING
|
? Mengasosiasi
-
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan
LKPD yang telah diberikan
-
Menuliskan hasil diskusi pada lembar peserta didik
-
Peserta didik mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dan guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik
dalam menyelesaikan LKPD
|
||
? Verifikasi
|
? Peserta dalam kelompoknya membuktikan apakah
bahwa keselamatan kerja yang mereka temkan selain pada contoh yang dipaparkan
guru merupakan peralatan pengelasan
GMAW
|
||
? GENERALISASI
|
? Mengkomunikasikan
Masing-masing
kelompok membacakan hasil kerja kelompok
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan ke-3
Kegiatan
|
Sintak
Discovery Learning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta
Didik Menjawab Salam
-
Berdoa
Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Apersepsi :
Pertemuan
sebelumnya kita udah belajar mengenai peralatan pengelasan GMAW, hari ini
kita akan belajar mengenai prosedur pengesetan dan pemasangan Peralatan GMAW?
-
Motivasi :
Memberi
contoh tentang manfaat mempelajari pengesetan
dan pemasangan peralatan GMAW
-
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
STIMULATION
|
Mengamati :
-
Peserta didik mendegarkan pemaparan materi dari guru
-
Peserta didik mengamati dan memperhatikan Vidio
pengesetan dan pemasangan peralatan Las GMAW.
|
325
|
? PROBLEM STATMENT
|
? Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang cara pengesetan dan pemasangan peralatan pengelasan GMAW (diberikan
pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
|
||
? DATA COLLECTING
|
? Mengeskplorasi
Peserta didik mencari informasi lebih lanjut dari
berbagai sumber tentang cara pengesetan dan pemasangan peralatan pengelasan
GMAW
|
||
? DATA PROCESING
|
? Mengasosiasi
-
Peserta
didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya
diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-
Peserta
didik mengisi LKPD yang telah diberikan
|
||
? VERIFIKASI
|
? Peserta didik mencoba melakukan pengesetan
dan pemasangan secara individu dibawah arahan dan bimbingan guru
|
||
? GENERALISASI
|
? Mengkomunikasikan
Masing-masing
siswa menyampaikan pengalaman baik berupa kendala maupun hal lainnya saat
melakukan pengesetan dan pemsangan peralatan
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan ke-4
Kegiatan
|
Sintak
Discovery Learning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta
Didik Menjawab Salam
-
Berdoa
Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Apersepsi :
Pertemuan
sebelumnya kita udah belajar mengenai cara pengesetan dan pemasangan
peralatan GMAW, selain daripada alat tentunya kita juga membutuhkan bahan
dalam pengelasan, salah satu bahan yg digunakan dalam pengelasan GMAW adalah
bahan tambah yaitu elektroda, Nah..hari ini kita akan belajar mengenai
elektroda.
-
Motivasi :
Memberi
contoh tentang manfaat mempelajari elektroda
pada pengelasan GMAW
-
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
STIMULATION
|
Mengamati :
-
Peserta didik mendegarkan pemaparan materi dari guru
-
Peserta didik mengamati dan memperhatikan gambar
elektroda yang disajikan oleh guru
|
325
|
? PROBLEM STATMENT
|
? Menanya
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang elektroda (diberikan
pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
|
||
? DATA COLLECTING
|
? Mengeskplorasi
Peserta
didik mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber tentang elektroda
pada pengelasan GMAW
|
||
? DATA PROCESING
|
? Mengasosiasi
-
Peserta
didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya
diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-
Peserta
didik mengisi LKPD yang telah diberikan
|
||
? VERIFIKASI
|
? Peserta didik mencoba menyamakan hasil
temuan mereka tentang elektroda dengan contoh yang diberikan guru
|
||
? GENERALISASI
|
? Mengkomunikasikan
Beberapa
peserta didik diminta menyampaikan hasil temuan
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan ke-5
Kegiatan
|
Sintak
Discovery Learning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta
Didik Menjawab Salam
-
Berdoa
Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Apersepsi :
Pertemuan
sebelumnya kita udah belajar mengenai cara elektroda, untuk menghasilkan
lasan yang baik posisi pengelasan harus kita perhatikan. Hari ini kita akan
belajar posisi pengelasan
-
Motivasi :
Memberi
contoh tentang manfaat mempelajari posisi
pada pengelasan GMAW
-
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
STIMULATION
|
Mengamati :
-
Peserta
didik mendegarkan pemaparan materi
dari guru
-
Peserta
didik mengamati dan memperhatikan gambar posisi pengelasan GMAW yang
disajikan oleh guru
|
325
|
? PROBLEM STATMENT
|
? Menanya
Peserta didik
diberi kesempatan bertanya tentang posisi pengelasan (diberikan pertanyaan pancingan jika tidak ada peserta didik yang
bertanya)
|
||
? DATA COLLECTING
|
? Mengeskplorasi
Peserta
didik mencari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber tentang posisi
pengelasan pada pengelasan GMAW
|
||
? DATA PROCESING
|
? Mengasosiasi
-
Peserta
didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dan guru memantau jalannya
diskusi dan membimbing peserta didik dalam menyelesaikan LKPD
-
Peserta
didik mengisi LKPD yang telah diberikan
|
||
? VERIFIKASI
|
? Peserta didik mencoba menyamakan hasil
temuan mereka tentang posisi pengelasan dengan contoh yang diberikan guru
|
||
? GENERALISASI
|
? Mengkomunikasikan
Beberapa
peserta didik diminta menyampaikan hasil temuan
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan ke-6
Kegiatan
|
Sintak
Projek Based Leraning
|
Rincian
|
Waktu
(menit)
|
KEGIATAN
AWAL
(Orientasi)
|
-
Peserta
Didik Menjawab Salam
-
Berdoa
Sebelum Pelajaran Dimulai
-
Apersepsi :
Pertemuan
sebelumnya kita udah belajar mengenai posisi pengelasan, hari ini kita akan
belajar bagaimana melakukan pengelasan pelat dengan pelat sambungan sudut
posisi 1 F.
-
Motivasi :
Memberi
contoh tentang manfaat mempelajari prosedur
pengelasan pelat dengan pelat posisi IF menggunakan las GMAW
-
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
|
20
|
|
KEGIATAN
INTI
(Presentasi)
|
PENENTUAN PERTANYAAN MENDASAR
|
Mengamati :
-
Peserta
didik mendegarkan pemaparan materi
dari guru
-
Peserta
didik mengamati dan memperhatikan gambar proses pengelasan GMAW
? Menanya
-
Peserta didik diberi kesempatan
bertanya tentang prosedur pengelasan
GMAW (diberikan pertanyaan
pancingan jika tidak ada peserta didik yang bertanya)
|
325
|
? MENDESAIN PERENCANAAN PROYEK
|
-
Peserta didik mendengarkan parameter dan prosedur pelaksanaan
pengelasan pelat dengan pelat sambungan tumpul posisi 1F
? Mengeskplorasi
Peserta didik mengemukan pendapat mereka
tentang prosedur pelaksanaan pengelasan
|
||
MENYUSUN JADWAL
|
Peserta
didik mendengaRkan dan mencata jadwal pelaksanaan pengelasan
|
||
? MEMONITOR PESERTA DIDIK DAN KEMAJUAN PROYEK
|
? Mengasosiasi
-
Peserta
didik melakukan pengelasan
-
Peserta
didik mendapat bimbingan dan arahan saat melakukan pengelasan
|
||
? MENGUJI HASIL
|
? Peserta didik mencoba menyamakan hasil pengelasan
dengan parameter pengelasan
|
||
? MENGEVALUASI
|
? Mengkomunikasikan
? Peserta didik mengumpulkan hasil pengelasan untuk
diberi penilaian
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
? Guru bersama siswa menarik
kesimpulan hasil pembelajaran.
?
Memberikan tugas latihan dan tugas baca untuk
pertemuan berikutnya.
|
15
|
mantap
BalasHapus